Kamis, 01 Desember 2016

Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO ?

1. SEO ( Search Engine Optimization )



Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Manfaat SEO 
  • Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog anda akan menduduki peringkat pertama google.
  • Jika anda seorang Internet Marketing, bisnis anda sangat berpeluang meraih kesuksesan.
  • Bila pengunjung yang datang ke sebuah web/blog sudah banyak, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi penghasilan dari web/ blog tersebut.

Fungsi SEO 
  • Menaikan page ranking sebuah website agar selalu terindek pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama.
  • Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui search engine.
  • Membantu meningkatkan pencapain target penjualan melalui rekomendasi web.
  • Meminimalkan biaya pemasaran online.

Tujuan SEO 

     Berbicara tentang tujuan, SEO bertujuan untuk membanjiri kunjungan ke blog/web karena menduduki peringkat pertama/teratas search engine. logikanya, pengguna mesin pencari akan memilih hasil pencariannya yang terdekat (halaman pertama), jarang sekali mereka melanjutkan untuk melihat hasil di halaman selanjutnya.


2. SEM (Search Engine Marketing)


  1. Menurut Ghozali (2008:3)

     SEM merupakan gabungan dari dua metode statistik yang terpisah yaitu analisis faktor (factorial analysis)  yang dikembangkan dalam psikologi dan psikometri serta model persamaan simultan (simultaneous equation modeling) yang dikembangkan dalam ekonometrika.

     2. Menurut Maruyama (1998)

    SEM adalah sebuah model statistik yang memberikan pekiraan perhitungan dari kekuatan hubungan hipotesis di antara variabel dalam sebuah model teoritis, baik secara langsung atau melalui variabel antara (intervening or mediating variables).

Fungsi SEM 

•  Pertama, memungkinkan adanya asumsi-asumsi yang lebih fleksibel;
• Kedua, penggunaan analisis faktor penegasan (confirmatory factor analysis) untuk mengurangi kesalahan pengukuran dengan memiliki banyak indikator dalam satu variabel laten; 
• Ketiga, daya tarik interface pemodelan grafis untuk memudahkan pengguna membaca keluaran hasil analisis; 
• Keempat, kemungkinan adanya pengujian model secara keseluruhan dari pada koefesien-koefesien secara sendiri-sendiri; 
• Kelima, kemampuan untuk menguji model – model dengan menggunakan beberapa variabel tergantung.

SEM mempunyai dua tujuan, yaitu :

    1.      Memahami pola kovarian dalam seperangkat variable yang sedang diobservasi   
    2.      Menerangkan sebanyak mungkin varian dengan model yang dibuat oleh peneliti. 


3. SMM (Social Media Marketing )


Sesuai dengan namanya, Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda.

Manfaat SMM


Teknik SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan Bisnis Online, dikarenakan teknik SMM lebih mudah, murah dan efisien. Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari Website Bisnis Anda.  


4. SMO ( Social Media Optimization )


SMO merupakan singkatan dari Social Media Optimization. Sebuah proses yang di lakukan pemilik atau pun webmaster website dalam mengoptimalkan situsnya melalui social media Dengan tujuan tertentu yang tentunya akan berharap dampak baik bagi kemajuan bisnisnya.

Manfaat SMO

SMO juga berfungsi untuk meningkatkan penghasilan anda melalui dunia digital. Jadi jika SMO adalah serangkaian proses yang anda lakukan di social media dengan tujuan meningkatkan trafik ke situs utama, brand, dan berjualan, SEO merupakan kembarannya yang sama-sama memanfaatkan situs-situs raksasa di dunia tersebut. Jika anda membaca SEO Off Page pada postingan sebelumnya, maka SMO merupakan bagian dari off page seo itu sendiri.








Sumber Referensi :










.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar